Dengan Apa Lumba Lumba Bernafas?

Lumba-lumba bernafas dengan apa? Apakah dengan insang? Tidak, lumba-lumba tidak bernafas dengan insang melainkan dengan paru-paru. Ya, lumba-lumba bukanlah ikan dan tidak mempunyai insang tetapi lumba-lumba adalah mamalia dan bernafas dengan paru-paru. Lumba-lumba bernafas melalui lubang udara yang terletak tepat di atas kepala nya. Dengan begitu lumba-lumba bisa menarik nafas hanya dengan mengekspos bagian atas kepalanya ke udara saat berenang atau beristirahat di dalam air. Setelah menghirup udara, lubang udara tersebut disegel rapat oleh otot kuat yang mengelilinginya, sehingga air tidak bisa masuk ke dalam paru-paru. Lumba-lumba harus menuju ke permukaan air untuk bernafas.
lumba lumba bernafas dengan ini
via pixabay

Saat lumba-lumba muncul di udara, dia menghembuskan nafas terlebih dulu baru kemudian menghirup udara. Dan untuk melakukan ini lumba-lumba hanyamemerlukan waktu sepersekian detik. Lumba lumba menyemprotkan air untuk membersihkan sisa air yang menempel di atas lubang tiupnya. Semprotan air tidak berasal dari paru-paru lumba-lumba tetapi itu hanya air yang terbawa masuk dan tertinggal di atas kepalanya.

Lumba lumba hanya bisa bernafas melalui lubang udara yang ada di atas kepalanya, dan lumba-lumba tidak bernafas dengan menggunakan mulut. Hal ini berbeda dengan mamalia darat yang bisa bernafas dengan mulutnya. Lumba-lumba hidup secara eksklusif di laut, jadi untuk memaksimalkan kelangsungan hidupnya dan membuat hidupnya lebih mudah mereka menggunakan lubang terpisah untuk bernafas dan makan.

Lumba-lumba dikenal dengan bernafasnya yang sadar, artinya mereka tidak pernah benar-benar tertidur karena jika mereka tidur dan tidak sadar, mereka akan tenggelam, jadi ketika mereka beristirahat setengah dari otak mereka tetap waspada agar bisa mendapatkan oksigen. Jadi jika lumba-lumba terjebak ke dalam perangkap memancing yang membuatnya tidak bisa menuju ke permukaan air, maka lumba-lumba bisa mati.

Lumba-lumba mampu menahan napas selama beberapa menit tapi biasanya mereka bernafas sekitar 4 atau 5 kali setiap menitnya.

Sejauh mana lumba-lumba bisa menahan nafasnya? Hal itu berbeda-beda tergantung spesiesnya. Beberapa lumba-lumba hanya bisa menahan napas selama beberapa menit (3 - 7 menit) saat berada di bawah air, sedangkan spesies lain diketahui bisa menahan napas selama lebih dari 20 menit saat menyelam yang dalam.

Demikianlah uraian kali ini tentang cara lumba-lumba bernafas. Kesimpulannya adalah lumba lumba bernafas dengan menggunakan paru-paru melalui lubang udara yang ada di atas kepalanya. Dan sebuah katup menutup lubang tersebut sehingga air tidak bisa masuk ke dalam paru-parunya.

Referensi:


Comments

Popular posts from this blog

Ikan Herring, Ikan yang Paling Banyak Dimakan di Dunia

Ikan Nila Berkembang Biak Dengan Cara Ini

Ikan Pari Manta